Kamis, 22 Desember 2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pembelajaran   : SMA
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XI
Semester                      : 1 (satu)

A.    Standar Kompetensi
Membaca : memahami ragam wacan tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring.
B.     Kompetensi Dasar
Menemukan perbedaan paragraph induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif.
C.     Indikator
1.      Kognitif
a.       Proses
-          Mampu menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama dalam paragraph
-          Mampu menemukan  kalimat penjelas yang mendukung gagasan tokoh
-          Mampu menemukan paragraf induktif dan deduktif
-          Mampu menjelaskan perbedaan paragraf induktif dengan deduktif
-          Mampu mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif.
2.      Produk
-          Menemukan perbedaan paragraf induk induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif.
3.      Afektif
a.       1. Tanggung jawab
2. tekun
3. kreatif
4. kritis
5. berani
b.  Keterampilan sosial
-      berbahasa santun dan komunikatif
D. Tujuan Pembelajaran
1. kognitif
a. Proses
setelah membaca cuplikan paragraf yang diberikan siswa diharapkan:
-          Mampu menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
-          Mampu menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
-          Mampu menemukan paragraf induktif dan deduktif
-          Mampu mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf indukif dan deduktif.
b.      Produk
Setelah membahas dan mendiskusikan cuplikan paragraf di atas siswa dapat:
-          Mampu menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
-          Mampu menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
-          Mampu menemukan paragraf induktif dan deduktif
-          Mampu mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf indukif dan deduktif.
2. Psikomotor
Setelah mendiskusikan dan berlatih siswa diharapkan dapat:
-          Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktid melalui kegiatan membaca.
3.      Afektif
a.       Karakter
Dengan arahan, bimbingan, dan motivasi yang diberikan oleh guru siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dan produktif baik dalam proses pembelajaran di kelas pada umumnya maupun dalam melaksanakan tugas kelompok maupun mandiri dengan memperlihatkan kemajuan berperilaku positif yang meliputi tanggung jawab, tekun, kreatif, kritis, berani.
b.      Kecakapan sosial
Dengan arahan, motivasi, dan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas siswa diharapkan inisiatif dalam tugas kelompok, berbahasa santun dan komunikatif.
D.    Materi Pembelajaran
Paragraf yang berpola deduktif dan induktif :
-          Kalimat utama
-          Kalimat penjelas
-          Kalimat kesimpulan
-          Cirri paragraf deduktif dan induktif
-          Perbedaan deduktif dengan induktif.
E.     Model dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                                   : Pembelajaran kontekstual
2.      Model pembelajaran                      : STAD
3.      Metode                                          : Diskusi kelompok dan penugasan
F.      Bahan dan Media
-          Buku yang terkait dengan paragraf
-          Artikel/berita dari media cetak/elektronik.
G.    Alat
-          Spidol
-          Sebuah cuplikan paragraf
-          Pedoman Penilaian dan Penskoran
-          Format Evaluasi.

H.    Skenario Pembelajaran
No.
Kegiatan






1
2
3
4
A
Kegiatan Awal
Tahap 1 (5 menit): pemancingan dengan mula-mula menanyakan kesiapan belajar siswa, lalu menanyakan pengetahuan dan pengalaman siswa tentang paragraf dan bagaimana menentukan paragraf deduktif dan induktif.
Tahap 2 (5 menit): pengarahan dengan mula-mula bertanya jawab tentang bagaimana menentukan paragraf induktif dan deduktif  yang tepat kemudian diakhiri dengan penugasan guru tentang tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.




B
Kegiatan Inti (60 menit)
Tahap 1 (30 menit): masing-masing kelompok membacakan paragraf melalui kegiatan membaca tersebut setiap kelompok diminta menemukan paragraf induktif dan deduktif dalam paragraf kemudian menuliskan hasil temuannya pada LKS 1: proses yang telah disediakan oleh guru. Secara berkelompok menyajikan hasil kerjanya untuk ditanggapi dan dikoreksi. Ketika peserta melakukan kegiatan guru melakukan kegiatan pemantauan dan penilaian proses. Memberikan masukan perbaikan dan layanan konsultasi.
Tahap 2 (30 menit): dengan menggunakan hasil kerja kelompok pada LKS 1 : Kognitif proses mampu menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca.





LKS 2: kognitif produk yang telah disediakan guru, secara bergilir menjelaskan perbedaan paragraf induktif dengan deduktif. Kognitif produk. Ketika peserta melakukan kegiatan guru melakukan pemantauan dan penilaian proses, memberikan masukan perbaikan dan layanan konsultasi.




c
Kegiatan akhir (10 menit)
Siswa bersama guru merumuskan kesimpulan atas semua butir pembelajaran yang telah dilaksanakan;
Siswa diminta menyampaikan pesan dan saran (jika ada) terhadap proses pembelajaran yang baru selesai diikuti.






I.       Sumber Pelajaran
-          Lembar kerja siswa
-          Silabus
-          Buku siswa
J. Evaluasi dan Penilaian
1. Evaluasi
a. Evaluasi proses : dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam mengidentifikasi karakter tokoh, kegiatan Tanya jawab.
b. Evaluasi hasil: dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas kelompok,      dan pengamatan untuk keterampilan.
2. Penilaian
a. jenis tagihan :
- Tugas kelompok : LKS
c.    Bentuk instrument Penilaian:
-  Uraian bebas
-  Pilihan ganda
-  Jawaban singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar